SILABUS
BACA TULIS AL-QUR’AN
Satuan Pendidkan :
SD ………………………………..
Mata Pelajaran : Baca
Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester : I / 1
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
1. Membaca huruf-huruf hijaiyah
|
1.1.
Melafadzkan
huruf hijaiyah dengan fasih
|
Huruf hijaiyah mulai Alif s/d Ya’
|
-
Mengenalkan
Huruf Hijaiyah alif sampai ya
-
Membaca huruf
alif sampai ya berharakat fathah
-
Menulis huruf
alif sampai ya
|
Siswa mampu:
-
Mengenal huruf
alif sampai ya
-
Membaca huruf
alif sampai ya berharakat fathah
-
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Praktik
mengaji
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portopolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Buku penunjang
- Buku iqra/qiraati
- Kartu huruf hijaiyah
|
2
|
2. Membaca tanda huruf Al-Qur’an
|
2.1.
Melafadzkan tanda baca Al-Qur’an dengan benar
|
Fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun
|
-
Membaca kata
berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-
Menulis kata
berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
|
-
Membaca kata
berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-
Menulis kata berharakat
fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
|
- Tes Tertulis
- Tes Lesan
- Tes Sikap
- Tugas
- Pengamatan
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Buku penunjang/LKS
- Buku iqra/qiraati
- Kartu huruf hijaiyah
|
3.
|
3. Membaca
|
3.1.
Melafadzkan
|
-
Mengenalkan
Surah An-Naas
-
Melafalkan
Surah An-Naas
-
|
Siswa mampu:
-
Mengenal nama,
arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah An-Naas
-
Melafalkan
Surah An-Naas dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah An-Naas
|
|
4.
|
4. Menghafal
|
4.1. Menghafal
|
-
Melafalkan
Surah An-Naas
-
Menghafal Surah
An-Naas
|
-
Melafalkan
Surah An-Naas dengan benar
- Hafal Surah Annas dengan lancar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Tugas/porto
folio
|
8x35 menit
(4x pertemuan
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah An-Naas
|
SILABUS
BACA TULIS AL-QUR’AN
Satuan Pendidkan :
SD ………………………………..
Mata Pelajaran : Baca
Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester : II / 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
1. Membaca
|
1.1.
Melafadzkan
|
-
Mengenalkan
Surah Al-Ikhlas
-
Melafalkan
Surah Al- Al-Ikhlas
-
|
Siswa mampu:
-
Mengenal nama,
arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al-Ikhlas
-
Melafalkan
Surah Al-Ikhlas dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4x pertemuan
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Ikhlas
|
|
2
|
2. Menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an
|
Menghafal
Menghafalkan
|
-
Melafalkan
Surah Al- Al-Ikhlas
-
Menghafal Surah
Al-Ikhlas dengan fasih dan lancer
-
Melafalkan
Surah Al- Al- Lahab Menghafal Surah Al- Lahab dengan fasih dan lancar
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan
Surah Al-Ikhlas dengan benar
-
Hafal Surah
Al-Ikhlas dengan fasih dan lancer
Siswa mampu:
-
Melafalkan
Surah Lahab dengan benar
-
Hafal Surah Al-
Lahab dengan fasih dan lancer
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4x pertemuan
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Ikhlas
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
Khat Surah Al-Lahab
|
|
3.
|
Menulis
huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca
|
3.1. Menulis
huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun
|
-
Mengenalkan
huruf hijaiyah
-
Mempraktikkan
cara membaca huruf, kata dan kalimat dengan benar
-
Menjelaskan
tanda baca dan cara membacanya
-
Menjelaskan
cara menulis huruf Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas dg benar
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan
huruf, kata dan kalimat Al-Quran Surah Al-Ikhlas dengan harakat dan makhraj
yang benar.
-
Menyalin kata
dan kalimat Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4x pertemuan
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Ikhlas
|
SILABUS BACA
TULIS AL-QUR’AN
Satuan Pendidkan :
SD ………………………………..
Mata Pelajaran : Baca
Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester : III / 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
1. Membaca
|
1.1.
Melafadzkan
|
-
Mengenalkan
Surah Al-Kafirun
-
Melafalkan
Surah Al-Kafirun
-
Menghafal Surah
Al-Kafirun
|
Siswa mampu:
-
Mengenal nama,
arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al-Kafirun
-
Melafalkan Surah
Al-Ikhlas dengan benar
-
Hafal Surah
Al-Kafirun dengan lancer
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Kafirun
|
|
2
|
2. Menghafal
|
2.1.
Menghafalkan
|
-
Melafalkan
Surah Al-Kafirun
-
Menghafal Surah
Al-Kafirun dengan fasih dan lancar
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan
Surah Al-Ikhlas dengan benar
-
Hafal Surah
Al-Kafirun dengan fasih dan lancar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatn
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4x pertemuan
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ……
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Kafirun
|
|
3.
|
3. Membaca tanda baca Al-Qur’an
|
3.1.
Melafadzkan tanda baca Tasydid dengan benar
3.2.
Melafadzkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah
|
Tanda baca Syaddah / Tasydid
|
-
Mengenalkan
Tanda baca Syaddah / Tasydid
-
Melafalkan
Tanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
-
Mengenalkan
huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah
-
Melafalkan huruf-huruf
yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
|
Siswa mampu:
-
Mengenal
/menyebutkan Tanda baca Syaddah / Tasydid
-
Melafalkan
Tanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
Siswa mampu:
-
Mengenal
/menyebutkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
-
Melafalkan
huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatn
-
Tugas
-
Portofolio
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatn
-
Tugas
-
Portofolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah
|
4.
|
4. Menulis tanda baca Al-Qur’an
|
4.1.
Menulis tanda baca Syaddah pada
|
-
Menulis tanda
baca Syaddah pada
-
Mempraktikkan
cara Menulis tanda baca Syaddah pada
-
dan kalimat
dengan benar
-
Menjelaskan
tanda baca Syaddah pada
-
Menjelaskan
cara menulis Syaddah pada
|
Siswa mampu:
-
Menulis tanda
baca Syaddah pada
-
Menyalin dan
Menulis tanda baca Syaddah pada
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Kafirun
|
SILABUS BACA
TULIS AL-QUR’AN
Satuan Pendidkan :
SD ………………………………..
Kelas / Semester : IV / 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
1. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an
|
1.1.
Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya
1.2.
Merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an dengan
benar dalam satu kalimat
|
Huruf-huruf Al-Qur’an
|
-
Menulis huruf-huruf
Al-Qur’an melalui kata
-
Menulis
huruf-huruf Al-Qur’an melalui ayat
-
Mempraktikkan
cara Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya
dan kalimat dengan benar
-
Menjelaskan
cara menulis huruf Al-Qur’an dengan benar
-
Merangkaikan 4
huruf Al-Qur’an dengan benar dalam
satu kalimat
-
Mempraktikkan
cara Merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an
dengan benar dalam satu kalimat dan kalimat dengan benar
-
Menjelaskan
cara merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an
dengan benar dalam satu kalimat
-
|
Siswa mampu:
-
Mempraktikkan
cara Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya
dan kalimat dengan benar
-
Menyalin kata
dan Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya
dan kalimat dengan benar
-
Menyalin dan Menulis kalimat Al-Qur’an
dengan benar
-
Merangkaikan 4
huruf Al-Qur’an dengan benar dalam
satu kalimat
-
Mempraktikkan
cara Merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an
dengan benar dalam satu kalimat dan kalimat dengan benar
-
Menjelaskan
cara merangkaikan 4 huruf Al-Qur’an
dengan benar dalam satu kalimat
|
- Tes Tertulis
- Tes Lesan
- Tes Sikap
- Pengamatan
- Tugas
- Portofolio
|
8x35 menit
(4 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji
- Khat Surah Al-Kafirun
|
2
|
2. Membaca
|
2.1.
Melafadzkan
|
-
Mengenalkan
Surah Al- Quraisy Melafalkan Surah Al- Quraisy
|
Siswa mampu:
-
Mengenal nama,
arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al- Quraisy Melafalkan Surah
Al- Quraisy dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4 x pertemuan)
|
-
|
|
3.
|
3. Menghafal
|
3.1.
Menghafalkan
|
-
Melafalkan
Surah Al- Quraisy
-
Menghafal Surah
Al- Quraisy
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan
Surah Al- Quraisy dengan benar, dengan fasih dan lancar
-
Hafal Surah Al-
Quraisy dengan fasih dan lancer
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
8x35 menit
(4 x pertemuan)
|
SILABUS BACA
TULIS AL-QUR’AN
Satuan Pendidkan :
SD ………………………………..
Kelas / Semester : V / 1
No.
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
waktu
|
Sumber
Belajar
|
1
|
1. Membaca
|
1.1.
Melafadzkan
|
-
Mengenalkan
Surah Al- Humazah
-
Melafalkan
Surah Al- Humazah
|
Siswa mampu:
-
Mengenal nama, arti
nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al- Humazah Melafalkan Surah Al- Humazah
dengan benar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
4x35 menit
(2 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji/berdiri salat
- Khat Surah Al- Humazah
|
|
2
|
2. Menghafal
|
2.1.
Menghafalkan
|
-
Melafalkan
Surah Al- Humazah
-
Menghafal Surah
Al- Humazah
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan
Surah Al- Humazah dengan benar
-
Hafal Surah Al-
Humazah dengan lancar
|
-
Tes Tertulis
-
Tes Lesan
-
Tes Sikap
-
Pengamatan
-
Tugas
-
Portofolio
|
6x35 menit
(3 x pertemuan)
|
- Al-Qur’an
- Juz Amma
- Buku ………….
penunjang/
- Gambar ngaji/berdiri salat
- Khat Surah Al- Humazah
|
|
3.
|
3. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
|
3.1.
Mengidentifikasi bacaan Mad
3.2.
Mempraktekan bacaan Mad dalam membaca Al-Qur’an
|
Mad Thobi’i
|
-
Memberikan
contoh bacaan yang mengandung Mad Thobi’i
-
Melafalkan
bacaan Mad Thobi’i
-
Menyalin
kata-kata alQur’an yg mengandung Mad Thobi’i
|
Siswa mampu:
-
Memberikan
contoh bacaan yang mengandung Mad Thobi’i
-
Melafalkan
bacaan Mad Thobi’i
-
Menyalin
kata-kata alQur’an yg mengandung Mad Thobi’i
|
6x35 menit
(3 x pertemuan
|
||
4.
|
4. Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
|
4.1.
Mengidentifikasi hukum bacaan Mim sukun
4.2.
Mempraktekan bacaan Mim sukun dalam bacaan Al-Qur’an
|
Bacaan :
- Idhar Syafawi
- Ihfa’ Syafawi
-
Idghom Mimi (Idghom mitsly)
|
-
Memberikan
contoh bacaan yang mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi
(Idghom mitsly)
-
Melafalkan
bacaan Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)
-
Menyalin
kata-kata alQur’an yg mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi
(Idghom mitsly).
|
Siswa mampu:
-
Memberikan
contoh bacaan yang mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi
(Idghom mitsly)
-
Melafalkan
bacaan Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)
-
Menyalin
kata-kata alQur’an yg mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi
(Idghom mitsly).
|
6x35 menit
(3 x pertemuan
|
||
5.
|
5.
Membaca Al-Qur’an
dengan tartil
|
5.1.
Mempraktekan membaca Al-Qur’an
|
Al-Qur’an
Juz 1-10
|
·
Membaca /
tadarus Al-Qur’an Juz 1 - 10
|
Siswa mampu:
-
Melafalkan kata
dan kalimat pada ayat demi ayat pada juz 1 - 10 sesuai makhraj
-
Membaca dengan
fasih kata dan kalimat pada ayat demi ayat pada juz 1 - 10 sesuai makhraj
,sesuai dengan penerapan tanda waqaf yang benar
Menerapkan dalam kehidupan sehari-hari selalu membaca
Al-Quran.
|
6x35 menit
(3 x pertemuan
|