Tuesday, August 27, 2013

Parkir Sekolah Yang Aman dan Nyaman



Setidaknya parkir adalah menjadi estalase sendiri bagi sebuah toko , orang enggan untuk berhenti membeli kepada toko yang tidak mempunyai area  parkir.Sebuah kebutuhan di zaman yang sulit mencari lahan kosong.
Kebutuhan mutlak akan area parkir seperti kebutuahan orang menpunyai kendaraan pribadi  di zaman yang  menjunjung privasi. Sehingga toko modern  wajib  mempunyai area parkir yang luas indah  dan nyaman guna memikat pembeli.
Munculnya jasa parkir  dan tempat parkir di sekitar sekolah merupakan sebuah indikasi tentang keberadaan parkir yang disediakan oleh sekolah. Manurut survey yang pernah saya telusuri  dibebarapa tempat  parkir, pelayanan di tempat parkir   sekitar  sekolah adalah :
1.       Sepeda di tata rapi
2.       Disediakan pompa gratis
3.       Penjaga menata sepeda  sesuai dengan jam keluar anak.
Adapun ada keengganan anak memarkir  di parkiran sekolah adalah :
1.       Seringnya rusak atau hilangnya aksesoris kendaraan, bahkan  tergoresnya cat kendaraan.
2.       Srawutnya jika waktu pulang.
Keberadaan  parkir  disekitar sekolah adalah sangat baik dalam membantu  anak –anak dalam menjaga  kendaraan mereka. Namun  di sisi lain mempunyai beberapa dampak yang juga perlu dipertimbangkan. Memudahkan peserta didik keluar  masuk sekolah, mengingat kendaraannya di luar  area sekolah. Memungkinkan anak membawa barang yang tidak diperkanankan bagi usia sekolah, seperti senjata tajam dan  sebagainya.
Maka  kedepan alangkah baiknya  sekolah dalam menyediakan tempat parkir  memperhatikan :
1.       Cara pandang, hilangnya barang di tempat parkir sekolah atau rusaknya kendaaraan anak karena sebagian besar parkir sekolah itu di bagian belakang gedung sekolah yang sepi, memungkinkah melakukan kejahatan. Maka parkir  kita ganti dibagian depan sekolah sehingga    meminimalir niat jahat, atau mengurangi kesempatan berbuat jahat.
2.       Pembatasan membawa kendaraan bagi anak yang berjarak kurang dari 200 meter  dari sekolah tidak boleh membawa sepeda. Sehingga lahan parkir  sekolah lebih lapang.
3.       Pembagian area parkir buat peserta didik, jika semua  kumpul dalam satu parkir maka keruwetan pun tetap ada maka  pembagian areal parkir dalam sekolah sangat diperlukan sesuai kelompok gedung.

No comments:

Post a Comment