Tuesday, August 27, 2013

MIN BEJI PEMBELAJARAN LANGSUNG



Beji, Pembelajaran tak selamanya berlangsung di balik tembok yang menghabiskan tenaga untuk melihat buku dan papan tulis. Hal ini yang memeberikan inspirasi  bu Lutfiatul Husana guru IPS di MIN Beji untuk terjun langsung ke lokasi sejarah di daerah  Beji, tepatnya candi Gununggangsir.
“Anak harus mengenal lingkungan terutama yang mengandung nilai historis guna menumbuhkan semangat kebangsaan dan ingin lebih maju”, Tutur bu Lut, panggilan bu Lutfiatul  Husna.
Pembelajaran ini selain mempunyai daya tarik tersendiri karena anak melihat  lansung dan merasakan apa yang ia lihat, juga membuat anak untuk terpacu melihat lebih dalam tentang pelajaran sehingga tidak jemu.
Dalam pembelajarn  model ini anak diberikan tugas untuk menggali informasi dari nara sumber, yaitu petugas candi dan mempresentasikan hasil temuannya.
Candi Gunung Gangsir adalah sebuah candi yang terletak di Dukuh Kebon Candi, Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.Bangunan candi yang terbentuk terbuat dari batu bata ini, memiliki 4 lantai, dengan dua lantai dasar yang merupakan tubuh dan atap candi yang sebenarnya. Denah lantai dasar merupakan segi empat . Denah tubuh dan atap candi juga segi empat, tetapi pada bagian ini keempat sisi dinding tubuh candi memiliki sebuah bidang tonjolan yang ramping.

No comments:

Post a Comment