Sekolah

-->
SILABUS BACA TULIS AL-QUR’AN

Satuan Pendidkan            : SD ………………………………..
Mata Pelajaran                  : Baca Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester                 : I / 1

No
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
1
1.   Membaca huruf-huruf hijaiyah

1.1.  Melafadzkan huruf hijaiyah dengan fasih

Huruf hijaiyah mulai Alif s/d Ya’

-          Mengenalkan Huruf Hijaiyah alif sampai ya
-          Membaca huruf alif sampai ya berharakat fathah
-          Menulis huruf alif sampai ya


Siswa mampu:
-          Mengenal huruf alif sampai ya
-          Membaca huruf alif sampai ya berharakat fathah
-           
-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Praktik mengaji
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portopolio­
6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Buku penunjang
-     Buku iqra/qiraati
-     Kartu huruf hijaiyah
2
2.   Membaca tanda huruf Al-Qur’an

2.1. Melafadzkan tanda baca Al-Qur’an dengan benar

Fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun






-          Membaca kata berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-          Menulis kata berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-          Membaca kata berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-          Menulis kata berharakat fathah Kasroh, Dlommah, Sukun
-   Tes Tertulis
-   Tes Lesan
-   Tes Sikap
-   Tugas
-   Pengamatan

6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Buku penunjang/LKS
-     Buku iqra/qiraati
-     Kartu huruf hijaiyah


3.
3.   Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an

3.1. Melafadzkan surat An-Naas dengan fasih

Surat An-Naas

-          Mengenalkan Surah An-Naas
-          Melafalkan Surah  An-Naas
-           
Siswa mampu:
-          Mengenal nama, arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah An-Naas
-          Melafalkan Surah An-Naas dengan benar

-   Tes Tertulis
-   Tes Lesan
-   Tes Sikap
-   Pengamatan
-   Tugas
-   Portofolio­
6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah An-Naas
4.
4.   Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an

4.1. Menghafal surat An-Naas dengan fasih dan lancar
Surat An-Naas
-          Melafalkan Surah  An-Naas
-          Menghafal Surah An-Naas
-          Melafalkan Surah An-Naas dengan benar
- Hafal Surah Annas dengan lancar
-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Tugas/porto folio

8x35 menit
(4x pertemuan
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah An-Naas






SILABUS BACA TULIS AL-QUR’AN

Satuan Pendidkan            : SD ………………………………..
Mata Pelajaran                  : Baca Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester                 : II / 1


No.
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
1
1.   Membaca surat pendek dalam AL-Qur’an Qur’an

1.1.  Melafadzkan surat Al-Ikhlas dengan benar

Surat Al-Ikhlas

-          Mengenalkan Surah Al-Ikhlas
-          Melafalkan Surah Al- Al-Ikhlas
-           
Siswa mampu:
-          Mengenal nama, arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al-Ikhlas
-          Melafalkan Surah Al-Ikhlas dengan benar


-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4x pertemuan
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Ikhlas
2
2.   Menghafal surat-surat pendek dalam Al-Qur’an

            Menghafal surat Al-Ikhlas dengan fasih dan lancer




            Menghafalkan surat Al-Lahab dengan fasih dan lancar

Surat Al-Ikhlas









Surat Al-Lahab

-          Melafalkan Surah Al- Al-Ikhlas
-          Menghafal Surah Al-Ikhlas dengan fasih dan lancer


-          Melafalkan Surah Al- Al- Lahab Menghafal Surah Al- Lahab dengan fasih dan lancar
Siswa mampu:
-          Melafalkan Surah Al-Ikhlas dengan benar
-          Hafal Surah Al-Ikhlas dengan fasih dan lancer



Siswa mampu:
-          Melafalkan Surah Lahab dengan benar
-          Hafal Surah Al- Lahab dengan fasih dan lancer


-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­




-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4x pertemuan
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Ikhlas

-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
Khat Surah Al-Lahab
3.
Menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca
3.1. Menulis huruf-huruf Al-Qur’an yang bertanda baca fathah, Kasroh, Dlommah, Sukun
Surat Al-Ikhlas

-          Mengenalkan huruf hijaiyah
-          Mempraktikkan cara membaca huruf, kata dan kalimat dengan benar
-          Menjelaskan tanda baca dan cara membacanya
-          Menjelaskan cara menulis huruf Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas dg benar
Siswa mampu:
-          Melafalkan huruf, kata dan kalimat Al-Quran Surah Al-Ikhlas dengan harakat dan makhraj yang benar.
-          Menyalin kata dan kalimat Al-Qur’an Surah Al-Ikhlas dengan benar

-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4x pertemuan
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Ikhlas

SILABUS BACA TULIS AL-QUR’AN

Satuan Pendidkan            : SD ………………………………..
Mata Pelajaran                  : Baca Tulis Al-Qur’an
Kelas / Semester                 : III / 1


No.
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
1
1.   Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
1.1. Melafadzkan surat Al-Kafirun dengan fasih

Surat Al-Kafirun

-          Mengenalkan Surah Al-Kafirun
-          Melafalkan Surah Al-Kafirun
-          Menghafal Surah Al-Kafirun
Siswa mampu:
-          Mengenal nama, arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al-Kafirun
-          Melafalkan Surah Al-Ikhlas dengan benar
-          Hafal Surah Al-Kafirun dengan lancer

-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Kafirun
2
2.   Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
2.1. Menghafalkan surat Al-Kafirun dengan fasih dan lancar

Surat Al-Kafirun

-          Melafalkan Surah Al-Kafirun
-          Menghafal Surah Al-Kafirun dengan fasih dan lancar
Siswa mampu:
-          Melafalkan Surah Al-Ikhlas dengan benar
-          Hafal Surah Al-Kafirun dengan fasih dan lancar
-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatn
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4x pertemuan
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ……
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Kafirun
3.
3.   Membaca tanda baca Al-Qur’an
3.1. Melafadzkan tanda baca Tasydid dengan benar

3.2. Melafadzkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah

Tanda baca Syaddah / Tasydid

-          Mengenalkan Tanda baca Syaddah / Tasydid
-          Melafalkan Tanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar

-          Mengenalkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah
-          Melafalkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar

Siswa mampu:
-          Mengenal /menyebutkan Tanda baca Syaddah / Tasydid
-          Melafalkan Tanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar

Siswa mampu:
-          Mengenal /menyebutkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar
-          Melafalkan huruf-huruf yang bertanda baca Syaddah / Tasydid dengan benar






-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatn
-          Tugas
-          Portofolio­






-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatn
-          Tugas
-          Portofolio­
6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah




-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah

4.
4.   Menulis tanda baca Al-Qur’an

4.1. Menulis tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun
Surat Al-Kafirun
-          Menulis tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun
-          Mempraktikkan cara Menulis tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun
-          dan kalimat dengan benar
-          Menjelaskan tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun
-          Menjelaskan cara menulis Syaddah pada surat Al-Kafirun dengan benar


Siswa mampu:
-          Menulis tanda baca Syaddah pada surat Al-Kafirun dan kalimat Al-Quran dengan harakat dan makhraj yang benar.
-          Menyalin dan Menulis tanda baca Syaddah pada surat kata dan kalimat Al-Qur’an dengan benar

-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­




















6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Kafirun



SILABUS BACA TULIS AL-QUR’AN

Satuan Pendidkan            : SD ………………………………..
Kelas / Semester                 : IV / 1

No.
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
1
1.   Menulis huruf-huruf Al-Qur’an
1.1. Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya

1.2. Merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat

Huruf-huruf Al-Qur’an

-          Menulis huruf-huruf Al-Qur’an melalui kata
-          Menulis huruf-huruf Al-Qur’an melalui ayat
-          Mempraktikkan cara Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya dan kalimat dengan benar
-          Menjelaskan cara menulis huruf Al-Qur’an dengan benar

-          Merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat

-          Mempraktikkan cara Merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat dan kalimat dengan benar
-          Menjelaskan cara merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat
-           
Siswa mampu:
-          Mempraktikkan cara Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya dan kalimat dengan benar
-          Menyalin kata dan Menulis huruf-huruf yang tidak bisa dirangkaikan dengan huruf sesudahnya dan kalimat dengan benar
-           Menyalin dan Menulis kalimat Al-Qur’an dengan benar


-          Merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat

-          Mempraktikkan cara Merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat dan kalimat dengan benar
-          Menjelaskan cara merangkaikan 4 huruf  Al-Qur’an dengan benar dalam satu kalimat
-       Tes Tertulis
-       Tes Lesan
-       Tes Sikap
-       Pengamatan
-       Tugas
-       Portofolio­




























8x35 menit
(4 x pertemuan)








-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji
-     Khat Surah Al-Kafirun



















2
2.   Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an
2.1. Melafadzkan surat Al-Quraisy dengan fasih

Surat Al-Quraisy

-          Mengenalkan Surah Al- Quraisy Melafalkan Surah Al- Quraisy

Siswa mampu:
-          Mengenal nama, arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al- Quraisy Melafalkan Surah Al- Quraisy dengan benar






-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4 x pertemuan)




-      
3.
3.   Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an
3.1. Menghafalkan surat Al-Quraisy dengan fasih dan lancar
Surat Al-Quraisy
-          Melafalkan Surah Al- Quraisy
-          Menghafal Surah Al- Quraisy
Siswa mampu:
-          Melafalkan Surah Al- Quraisy dengan benar, dengan fasih dan lancar
-          Hafal Surah Al- Quraisy dengan fasih dan lancer

-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
8x35 menit
(4 x pertemuan)






SILABUS BACA TULIS AL-QUR’AN

Satuan Pendidkan            : SD ………………………………..
Kelas / Semester                 : V / 1

No.
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok
Pengalaman
Belajar
Indikator
Penilaian
Alokasi
waktu
Sumber
Belajar
1
1.   Membaca surat pendek dalam Al-Qur’an

1.1. Melafadzkan surat Al-Humazah dengan fasih

Surat Al-Humazah

-          Mengenalkan Surah Al- Humazah
-          Melafalkan Surah Al- Humazah

Siswa mampu:
-          Mengenal nama, arti nama, jumlah ayat dan tempat turun Surah Al- Humazah Melafalkan Surah Al- Humazah dengan benar


-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
4x35 menit
(2 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji/berdiri salat
-     Khat Surah Al- Humazah
2
2.   Menghafal surat pendek dalam Al-Qur’an

2.1. Menghafalkan surat Al-Humazah dengan fasih dan lancar

Surat Al-Humazah

-          Melafalkan Surah Al- Humazah
-          Menghafal Surah Al- Humazah
Siswa mampu:
-          Melafalkan Surah Al- Humazah dengan benar
-          Hafal Surah Al- Humazah dengan lancar


-          Tes Tertulis
-          Tes Lesan
-          Tes Sikap
-          Pengamatan
-          Tugas
-          Portofolio­
6x35 menit
(3 x pertemuan)
-     Al-Qur’an
-     Juz Amma
-     Buku ………….
  penunjang/
-     Gambar ngaji/berdiri salat
-     Khat Surah Al- Humazah
3.
3.   Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an
3.1. Mengidentifikasi bacaan Mad
3.2. Mempraktekan bacaan Mad dalam membaca Al-Qur’an

Mad Thobi’i

-          Memberikan contoh bacaan yang mengandung Mad Thobi’i


-          Melafalkan bacaan Mad Thobi’i


-          Menyalin kata-kata alQur’an yg mengandung Mad Thobi’i
Siswa mampu:
-          Memberikan contoh bacaan yang mengandung Mad Thobi’i


-          Melafalkan bacaan Mad Thobi’i


-          Menyalin kata-kata alQur’an yg mengandung Mad Thobi’i

6x35 menit
(3 x pertemuan

4.
4.   Menerapkan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an

4.1. Mengidentifikasi hukum bacaan Mim sukun
4.2. Mempraktekan bacaan Mim sukun dalam bacaan Al-Qur’an

Bacaan :
- Idhar Syafawi
- Ihfa’ Syafawi
- Idghom Mimi (Idghom mitsly)

-          Memberikan contoh bacaan yang mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)

-          Melafalkan bacaan Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)
-          Menyalin kata-kata alQur’an yg mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly).

Siswa mampu:
-          Memberikan contoh bacaan yang mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)

-          Melafalkan bacaan Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly)
-          Menyalin kata-kata alQur’an yg mengandung Idhar Syafawi, Ihfa’ Syafawi, Idghom Mimi (Idghom mitsly).

6x35 menit
(3 x pertemuan

5.
5.
Membaca Al-Qur’an dengan tartil
5.1. Mempraktekan membaca Al-Qur’an
Al-Qur’an Juz 1-10

·                   Membaca / tadarus Al-Qur’an Juz 1 - 10
Siswa mampu:
-          Melafalkan kata dan kalimat pada ayat demi ayat pada juz 1 - 10 sesuai makhraj
-          Membaca dengan fasih kata dan kalimat pada ayat demi ayat pada juz 1 - 10 sesuai makhraj ,sesuai dengan penerapan tanda waqaf yang benar
Menerapkan  dalam kehidupan sehari-hari selalu membaca Al-Quran.


6x35 menit
(3 x pertemuan